1.
Perhatikan pernyataan di bawah ini
(1)
Keterampilan berpikir tingkat
tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah
kognitif, afektif dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam proses
pembelajaran
(2)
Pengetahuan dan keterampilan diterapkan
dalam memecahkan permasalahan , mengambil keputusan,menganalisis asumsi dan
melakukan investigasi berdasarkan data dan informasi sehingga menghasilkan
simpulan yang diinginkan
(3)
Enam elemen dasar FRISCO yaitu
Focus, Reason,Inference, Situation, Clarity dan Overview
(4)
Dimensi pengetahuan terdiri atas
pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan
pengetahuan metakognitif
(5)
Evaluasi terhadap solusi, asumsi
yang terkait , memperkirakan hasil dan mengkomunikasikan solusi yang telah
dibuat
Pernyataan
di atas yang merupakan ciri-ciri keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai
critical and creative thinking adalah....
a.
1 dan 2 b. 2 dan 3 c.
3 dan 4 d. 4 dan 5
2.
Pada KD menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dua garis sejajar yang
dipotong oleh garis transversal materi dari tingkat kognitif pada
kompetensi dasar tersebut adalah....
a. Hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C 3
b. Hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C 4
c. Hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C 3
d. Hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C 4
3.
Suatu kebijakan program PKP
zonasi adalah....
a. Pemerataan anggaran daerah untuk peningkatan kompetensi guru
b. Memanfaatkan sistem yang sudah ada dalam peningkatan kompetensi guru
c. Untuk meningkatkan efesiensi, efektivitas,serta pemerataan mutu
pendidikan
d. Memodifikasi sertifikasi untuk pelaksanaan program peningkatan mutu
pendidikan
4.
Berikut ini yang bukan
merupakan tagihan untuk guru sasaran
adalah....
a. Format penilaian kompetensi
b. Jurnal belajar
c. Jurnal praktik mengajar
d. Best practice
5.
Pola pembelajaran pada program
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran untuk guru sasaran adalah....
a. In-1, In-2, On-1, In-3,On-2,In-4,On-3,In-5
b. In-1,On-1,In-2,On-2,In-3,In-4,On-3,In-5
c. In-1,In-2,In-3,On-1,On-2,On-3,In-4,In-5
d. In-1,In-2, On-1,On-2,In-3,On-3,On-4,In-4
6.
Untuk meningkatkan kemampuan
siswa memecahkan masalah lingkungan menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning dengan cara membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan
untuk mendesain berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik
penilaian apa yang dilakukan?
a. Tes lisan b.
Penilaian praktik c. Penilaian
Produk d. Portofolio
7.
Kegiatan pembelajaran yang
melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki
sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan
sendiri temuannya. Model yang tepat digunakan dalam pembelajaran di atas
adalah....
a. Discovery learning
b. Problem based learning
c. Project based learning
d. Inquiry learning
8.
Peserta didik berdiskusi
menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas,
persiapan alat, bahan, media,sumber yang dibutuhkan dalam pembelajaran model
project based learning sintaks....
a. Pertanyaan mendasar
b. Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek
c. Mendesain perencanaan produk
d. Menyusun jadwal pembuatan
9.
Contoh aktivitas pembelajaran
yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a. Melihat video tentang cuaca
b. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
c. Mencatat hasil pengamatan cuaca
d. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
10.
Indikator kunci dari
kompetensi dasar “menghubungkan gaya
dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah....
a. Mengklasifikasikan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b. Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c. Menganalisi hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan
sekitar
d. Menganalisis tentang gaya dengan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
11.
Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar
“Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di
lingkungan sekitar “ adalah....
a. Menyebutkan pengertian ekosistem
b. Menyebutkan komponen-komponen ekosistem
c. Menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
d. Membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
12.
Salah satu target kompetensi
dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang tentang keberagaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui
tekstulis, lisan,visual, dan/atau eksplorasi lingkungan” adalah.... tentang
keberagaman benda dalam bahasa Indonesia melalui visual
a. Menganalisis kosa kata tentang keberagaman benda dalam bahasa Indonesia
melalui visual
b. Menjelaskan kosa kata tentang keberagaman benda dalam bahasa Indonesia
melalui teks lisan
c. Mengidentifikasi kosa kata tentang keberagaman benda dalam bahasa
Indonesia melalui teks tulis
d. Menyimpulkan kosa kata tentang keberagaman benda dalam bahasa Indonesia
melalui eksplorasi lingkungan.
13. Berikut yang bukan contoh penguasaan literasi digital pada
kehidupan masyarakat adalah....
a. mengukur
kecepatan angin menggunakan anemometer
b. memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi
c. membayar tol menggunakan kartu e-toll
d. membeli pulsa seluler ke mini market
14. Kegiatan berikut yang merupakan rangakaian kegiatan dari penguatan
pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah....
a.
memberikan tugas kepada siswa
dengan menggunakan metode pembelajaran yang umum
b.
mengembangkan muatan lokal sesuai
dengan kebutuhan daerah
c.
melaksanakan upacara bendera
setiap hari Senin dan membuat peraturan sekolah
d. mengundang tokoh masyarakat seperti seniman, walikota, pemuka agama
dalam kegiatan rutin sekolah
15. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar
atau tidaknya hipotesis merupakan
sintaks discovery learning yang....
a. pernyataan/identifikasi masalah (problem ststement)
b. pengumpulan data (data collection )
c. pengolahan data (data processing)
d. pembuktian (verification)
16. Akivitas pembelajaran
pada model project based learning pada sintaks mendesain perencanaan produk
adalah....
a. peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan
masalah meliputi pembagian tugas,persiapan alat,bahan,media,sumber yang
dibutuhkan
b.
peserta didik menyusun jadwal
penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu
yang telah ditentukan.
c.
membahas kelayakan proyek yang
telah dibuat dan membuat laporan untuk dipaparkan kepada orang lain.
d.
Peserta didik melakukan pembuatan
proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang
muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
17.
Berikut yang bukan merupakan manfaat dari program PKP adalah....
a.
membiasakan guru untuk membuat
pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai
dari perencanaan,pelaksaanaan hingga penilaiannya.
b.
membiasakan siswa untuk berpikir
tingkat tinggi sehingga meningkatkan kompetensinya
c.
memberikan acuan kepada guru dalam
pelaksanaan supervisi akademik
d.
memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam
pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial
18.
Berikut yang bukan tujuan dari zona PKP adalah....
a.
peningkatan kompetensi
pembelajaran, di mana kegiatan dilakukan secara mewujudkan pemerataan pendidikan
yang berkualitas dan berkeadilan
b.
meningkatkan efesiensi dan
efektifitas, peningkatan kompetensi pembelajaran, di mana kegiatan dilakukan
secara terintegrasi dalam satuarea wilayah dengan mempertimbangkan jarak,akses,
dan volume guru yang ikut serta.
c.
memudahkan dalam melakukan
pemetaan kompetensi, kinerja,serta aktivitas guru
d.
memanfaatkan sistem yang sudah ada
dalam peningkatan mutu pendidikan
19. Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat
kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun dengan
melibatkan aktivitas mental yang paling dasar adalah pengertian dari....
a.
high order thinking skill (HOTS)
b.
low order thinking skill (LOTS)
c.
transfer knowledge
d.
problem solving
20. Tujuan pendidikan menurut Bloom terbagi
menjadi tiga domain/ranah yaitu....
a. ranah kognitif,
afektif, psikomotor
b. ranah pasif,
aktif, reaktif
c. ranah kognitif,
afektif, reaktif
d. ranah pasif,
afektif, psikomotor
21. Keterampilan proses psikomotor merupakan keterampilan dalam
melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota tubuh yang berkaitan dengan gerak
fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks keterampilan pada gerak
dasar, perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, ekspresif, dan interperatif.
Urutan proses psikomotor dari level terendah sampai tertinggi adalah....
a. imitasi – artikulasi – manipulasi – naturalisasi – presisi
b. manipulasi – imitasi – presisi – artikulasi – naturalisasi
c. imitasi – manipulasi – presisi – artikulasi – naturalisasi
d. naturalisasi – artikulasi – presisi – manipulasi - imitasi
22. Keterpaduan semua sistem nilai yang telah seseorang yang
mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah lakunya merupakan tahapan proses
afektif yang disebut....
a. penerimaan b. menanggapi c. penilaian d. karakterisasi
22. Melihat, mendengar, meraba,
membau, merupakan bentuk kegiatan belajar pada proses pembelajaran saintifik
yaitu....
a. mengamati b.
menanya c. mengumpulkan informasi d. mengkomunikasikan
24. Level kognitif terendah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh
BLOOM adalah....
a. memahami b.
mengingat c. menerapkan d.
menganalisis
25. Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang
harus diselesaikan dalam waktu tertentu mulai dari perencanaan, pengumpulan
data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data disebut....
a.
penilaian produk
b.
penilaian proyek
c.
penilaian praktik
d.
penilaian tertulis
26. Keterampilan berpikir tingkat tinggi terdiri tiga komponen dimensi
proses kognitif teratas yaitu...
a.
mengingat, memahami, menerapkan
b.
mengaplikasikan, menganalisis,
mengevaluasi
c.
menganalisis, mengevaluasi,
mencipta
d.
mengevaluasi, memahami, mengingat
27. Peserta didik diminta menyebutkan macam-macam bahan yang digunakan
untuk membuat kipas dari kertas. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam
dimensi pengetahuan....
a.
faktual
b.
konseptual
c.
prosedural
d.
metakognitif
28. Program peningkatan kualitas lulusan siswa melalui pembinaan guru
dalam merencanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi
pada keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan tujuan pembelajaran....
a.
guru garis depan
b.
pengembangan keprofesian
berkelanjutan
c.
peningkatan kompetensi
pembelajaran
d.
pendidikan profesi guru
29. Salah satu sintaks problem based learning adalah mengorganisasikan
pesrta didik untuk belajar. Aktivitasnya adalah....
a.
siswa berdiskusi dan membagi tugas
untuk mencari data/bahan-bahan /alat yang diperlukan untuk menyelesaikan
masalah
b.
Kelompok melakukan diskusi untuk
menghasilkan solusi pemecahan masalah
c.
Siswa melakukan penyelidikan
(mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi
d.
kelompok mengamati dan memahami
masalah yang disampaikan guru/yang diperoleh dari bahan bacaan
30. Diketahui IPK secara
individu peserta didik mengulangi, menyempurnakan, menyajikan hasil percobaan ,
dan dituangkan dalam lembar kerja. Hal tersebut termasuk kompetensi abad 21
yang....
b. communication
c. critical thinking
d. creativity thinking and innovation
31. Peserta didik mengamati aliran air di belakang sekolah, peserta
didik kemudian diminta menghubungkanaktivitas penduduk di sekitar sungai dengan
kondisi air dari sungai yang di amati.Aktivitas pembelajaran tersebut merupakan
pengetahuan....
a. faktual
b. konseptual
c. prosedural
d. metakognitif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar